Meresume Jurnal "Gambaran Kepuasaan Hidup Pelajar Sekolah Menengah di Masa Pandemi Covid-19"

 

Resume Jurnal 

Judul: Gambaran Kepuasaan Hidup Pelajar Sekolah Menengah di Masa Pandemi Covid-19

Volume: Vol. 6 No.1 2021

Tahun: 2021

Penulis: Diana Syamila,Mardy Handika,Mariana Puspa Sari

Sumber: Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (JPBK Untirta)

 

Latar Belakang

Masa pandemic Covid-19 merupakan tantangan baru bagi tenaga pendidik di sector pendidikan. Adanya transformasi proses pembelajaran dari tatap muka (offline) menjadi tatap maya (daring). Pembelajaran daring diberlakukan sebagai Langkah atau upaya efektif dalam mengatur proses kegiatan pembelajaran agar materi pelajaran dapat tersampaikan dan kegiatan belajar bisa terlaksana sebagaimana mestinya. Hal tersebut dilakukan guna menghambat dan menghentikan penyebaran Covid-19 yang sedang terjadi. Kebijakan mengenai pembelajaran daring ini menimbulkan berbagai dampak yang beragam,mulai dari kesiapan sekolah,guru,anak maupun orang tua. Maka dari itu,teknologi memiliki peranan penting dalam pembelajaran,dengan adanya teknologi dapat memperkuat potensi guru di sekolah. Keharusan belajar secara daring mengharuskan sekolah membuat berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik di tengah tuntutan kurikulum yang ada.

Covid-19 menjadi penghalang dalam proses pembelajaran dan menambah kompleksitas masalah yang dihadapi peserta didik,baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Adapun masalah non akademik yang dihadapi peserta didik yaitu berupa masalah psikologis yang dihadapi peserta didik sebagai dampak dari proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Dengan berbagai tantangan yang sedang dihadapi,kitab isa mengetahui  gambaran jelas terkait kepuasan hidup para peserta didik usia remaja pada masa pandemic.

Tujuan Penulisan Jurnal

Secara garis besar penelitian ini dibuat dengan tujuan:

  • Mengetahui gambaran kepuasan hidup pelajar sekolah menengah di masa pandemic Covid-19 berdasarkan aspek-aspek yang telah diuraikan dalam angket penelitian

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian tersebut berjumlah 125 responden yang merupakan peserta didik dari tiga sekolah swasta di Jakarta. Teknik pengambilan sampelnya itu sendiri adalah probability sampling,karena besar populasi diketahui secara pasti dan seluruh populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Dalam penelitian tersebut data akan dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan fakta. Hasilnya bisa menjadi rekomendasi bagi guru bimbingan dan konseling untuk memberikan layanan di sekolah masing-masing.

Hasil dan Pembahasan

Menurut data peserta didik dari tiga sekolah swasta di Jakarta menunjukkan tingkat kepuasan hidup sangat tinggi sebesar 5%,kategori tinggi sebesar 34%,kategori cukup sebesar 41%,kategori rendah sebesar 13% dan kategori sangat rendah sebesar 7% pada kepuasan hidup peserta didik di masa pandemic Covid-19. Ditinjau dari teori Kepuasan hidup peserta didik yang terdiri dari lima aspek. Sekolah dan lingkungan sekitar memberikan persentasi terbesar dalam kepuasan mereka. Disusul oleh teman sebaya dan keluarga yang menempati level Cukup bagi kepuasan hidup peserta didik. Level terendah yang bersumbangsih pada kepuasan hidup mereka adalah diri sendiri.

Kesimpulan

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah peserta didik dari tiga sekolah swasta di Jakarta menunjukkan tingkat kepuasan hidup sangat tinggi sebesar 5%,kategori tinggi sebesar 34%,kategori cukup sebesar 41%,kategori rendah sebesar 13% dan kategori sangat rendah sebesar 7% pada kepuasan hidup peserta didik di masa pandemic Covid-19. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik usia remaja memiliki kepuasan hidup yang cukup,artinya peserta didik mampu bertahan dan beradaptasi pada masa pandemic Covid-19. Hasil lain dari penelitian ini adalah keluarga bukanlah faktor pertama dalam mempengaruhi kepuasan hidup peserta didik. Selain itu,diri sendiri menjadi faktor terendah yang berkontribusi dalam kepuasan hidup peserta didik usia remaja. Kepuasan hidup peserta didik juga bisa menjadi pembanding antara saat pandemic dan setelah pandemic berakhir.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari penelitian ini yaitu terdapat tabel atau diagram yang menjadi penguat dalam melakukan analisa penelitian. Metode penelitian yang digunakan juga cukup simple dan mudah dipahami. Sementara kekurangannya adalah tidak ada penjelasan mengenai hal apa yang terjadi pada peserta didik yang tidak mencapai tingkat kepuasan hidup pada masa pandemic Covid-19.

Daftar Pustaka

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/12079

 --------

Nama: Shesylia Shangrila Putri

NIM: 2285210045

Kelas: 1B

Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meresume Jurnal "Masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dalam perencanaan karir dan implikasinya terhadap layanan bimbingan karir"

Meresume Jurnal "Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Siswa Serta Implikasi Terhadap Bimbingan Pribadi-Sosial"

Meresume Jurnal "Pengembangan Media Informasi Profesi Bergambar Untuk Membantu Siswa SMP Menentukan Pilihan Karir"