Meresume Jurnal "PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KESADARAN ANTI-BULLYING MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 1 JATINEGARA"

 

Resume Jurnal


Judul: PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KESADARAN ANTI-BULLYING MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 1 JATINEGARA

Volume: Vol. 5 No.1 2020

Tahun: 2020

Penulis: Sri Lestari,S.Pd

Sumber: Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (JPBK Untirta)

 

Latar Belakang

Pendidikan merupakan suatu proses belajar mengajar yang dapat menciptakan perubahan tingkah laku yang diharapkan pada seseorang. Tidak semua perilaku berasal dari sendiri atau bawaan manusia akan tetapi ada Sebagian perilaku yang berasal dari proses belajar mengajar. Lingkungan sekolah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang,oleh karena itu sekolah memiliki peranan penting untuk bertanggung jawab dalam rangka membentuk perilaku belajar siswa yang baik. Di dalam lingkungan sekolah tentunya terdapat aktivitas belajar mengajar yang dilakukan oleh guru maupun siswa,selain adanya aktivitas pembelajaran terdapat interaksi antar warga sekolah. Interaksi disini artinya,terdapat suatu perilaku dimana seluruh warga sekolah dapat saling berkomunikasi dan membentuk perilaku yang baik antar sesama. Interaksi yang baik contohnya yaitu seperti tolong menolong,berkata sopan,berperilaku santun,hormat kepada guru,dan saling sapa salam. Sedangkan perilaku yang tidak baik contohnya yaitu bertengkar dengan teman,sikap tidak mau mengalah atau egois,mengejek bahkan mengolok-olok yang bersifat menghina. Tanpa disadari,perilaku yang tidak baik tersebut sudah masuk ke kasus pembulian atau praktik bullying.

Di Indonesia kasus bullying marak sekali terjadi di kalangan siswa dan kasus tersebut sayangnya masih belum ditangani dengan baik sehingga kasus bullying banyak memakan korban tiap tahunnya. Di kalangan siswa terutama di lingkungan sekolah,banyak sekali praktik bullying yang dilakukan dan masih banyak guru,orang tua dan siswa yang belum memahami akan kesadaran tentang bullying yang memiliki banyak dampak negatif. Beberapa siswa yang melakukan tindakan bullying beralasan iseng,jengkel melihat perilaku teman lainnya,siswa lain yang sering ijin,ingin membuat suasana kelas tidak sepia tau berwarna,ada yang tujuannya supaya anak tersebut merubah perilaku yang tidak disukai.

Tujuan Penulisan Jurnal

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran anti bullying pada siswa SMP melalui pemberian layanan informasi dengan Teknik sosiodrama

Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Jatinegara dengan jumlah 28 siswa. Penelitian tersebut memperoleh Teknik analisis data dengan cara membandingkan antara data yang diperoleh pada saat kondisi awal sebelum diadakan tindakan,dibandingkan dengan data yang diperoleh setelah melalui tindakan,kemudian seluruh data dianalisis menggunakan Teknik deskriptif komparatif dilanjutkan refleksi. Deksriptif komparatif adalah membandingkan secara deskripsi atau menguraikan data pemahaman serta kesadaran anti bullying siswa pada kondisi awal dengan data pemahaman dan kesadaran anting bullying pada siswa. Dalam penelitian ini terdapat 2 analisis data yaitu data tentang pemahaman anti bullying dan data kesadaran anti bullying. Guna mengukur pemahaman dan kesadaran anti bullying menggunakan instrument skala sikap (skala Likert) dan data yang lebih lengkap saat melakukan observasi selama tindakan berlangsung.

Hasil dan Pembahasan

Adapun data hasil penelitian di siklus I yaitu: pemahaman dan kesadaran anti-bullying sudah terdapat perubahan yang signifikan walaupun masih belum mencapai target keberhasilan yang ditetapkan sebelumnya yaitu 75% siswa mempunyai pemahaman dan kesadaran anti-bullying yang sangat tinggi, untuk itu peneiti/guru BK melanjutkan ke siklus II karena di siklus I siswa yang memiliki kesadaran anti-bullying sangat tinggi baru 53,57%, untuk mencapai target keberhasilan penelitian masih kurang 21,43% lagi. Pada silkus II tindakan 2 guru BK kembali memberikan layanan dengan teknik sosiodrama, kemudian siswa melakukan refleksi (menyampaikan kesan-pesan, kendala bermain peran, manfaat dari kegiatan tersebut) dan selanjutnya hal yang paling penting dari kegiatan yaitu memperoleh data akhir tentang pemahaman dan kesadaran anti-bullying dari siswa setelah dilakukan siklus I dan siklus II dengan membagikan angket tentang pemahaman dan kesadaran anti[1]bullying siswa yang harus diisi oleh siswa. Berdasarkan data-data diatas dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan tindakan pada siklus II pemahaman dan kesadaran anti-bullying sudah terdapat perubahan yang signifikan dan hasilnya sudah melebihi target keberhasilan yang ditetapkan sebelumnya yaitu 75% siswa mempunyai pemahaman dan kesadaran anti-bullying yang sangat tinggi.

Kesimpulan

Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dengan layanan informasi melalui Teknik sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran anti bullying pada siswa SMP. Dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan pada kesadaran anti[1]bullying yang terlihat pada kriteria sangat tinggi dari 0 siswa menjadi 13 selanjutnya menjadi 23 siswa, secara persentase peningkatannya dari 0% ke 46,42% lalu ke 82,14% yang saya sampaikan yang kriteria sangat tinggi saja karena sesuai dengan kriteria keberhasilan penelitian ini bahwa 75% siswa pemahaman anti-bullying nya ber kriteria sangat tinggi, di siklus II pemahaman anti-bullying sudah mencapai 82,14%.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan penelitian ini adalah penjelasan mengenai perilaku bullying sudah sangat jelas,sehingga dari penjelasan tersebut bisa memberi kesimpulan bahwa Teknik sosio drama cukup efektif untuk memberikan gambaran bagaimana tindakan bullying serta dampaknya.. Sementara kekurangannya ialah di bagian pendahuluan terdapat data yang seharusnya ada di bagian hasil dan pembahasan

Daftar Pustaka

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/7919/5332

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meresume Jurnal "Masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dalam perencanaan karir dan implikasinya terhadap layanan bimbingan karir"

Meresume Jurnal "Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Siswa Serta Implikasi Terhadap Bimbingan Pribadi-Sosial"

Meresume Jurnal "Pengembangan Media Informasi Profesi Bergambar Untuk Membantu Siswa SMP Menentukan Pilihan Karir"